25 Sep 2013

Telkomsel : 2015, Teknologi 2G Dihentikan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Operator telekomunikasi terbesar, Telkomsel akan menghentikan pembangu... thumbnail 1 summary

Print

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Operator telekomunikasi terbesar, Telkomsel akan menghentikan pembangunan teknologi telekomunikasi 2G.

Ivan Cahya Purnama VP Technology and System Telkomsel mengatakan, penghentian akan dilakukan mulai 2015 mendatang. "Jaringan yang ada sudah mencukupi dan sekarang sudah ada lagi teknologi long term evolution (LTE)," kata Ivan di Jakarta, Senin (23/9/2013).

Disebutkannya, penghentian pembangunan jaringan 2G dilakukan karena saat ini produsen telepon seluler juga sudah mulai menghentikan produksi handphone dengan teknologi 2G.

Teknologi 2G adalah generasi generasi kedua telepon seluler. Teknologi seluler ini hadir menggantikan teknologi seluler pertama, 1G yang menggunakan sistem analog seperti AMPS (Advanced Mobile Phone System). 2G merupakan jaringan telekomunikasi selular yang diluncurkan secara komersial pada jaringan GSM standar di Finlandia oleh Radiolinja (sekarang bagian dari Elisa) pada tahun 1991. Berbeda dengan 1G, 2G menggunakan sistem digital. Selain melayani komunikasi suara, 2G juga dapat melayani komunikasi teks, yakni SMS.