8 Jan 2012

Sistem Informasi Inventory Manajemen Sederhana dengan EOQ

Sistem Informasi Inventory Manajemen Sederhana dengan EOQ Evaluasi Sistem Pengolahan Data   ... thumbnail 1 summary
Sistem Informasi Inventory Manajemen Sederhana dengan EOQ

Evaluasi Sistem Pengolahan Data
            Berdasarkan hasil evaluasi sistem yang sedang berjalan dapat dikatakan sistem yang telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dari pelaksanaannya dan juga dari formulir-formulir yang digunakan dan peralatan yang dipakai saat ini. Tetapi masih adanya kelemahan yang tampak khususnya dalam kesalahan pencatatan data pada faktur yang belum terinci.
           
Dari analisa yang diterangkan diatas, maka penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana menangani masalah pengecekan stock barang yang ada digudang dan pengelompokannya sesuai dengan nama dan jenis barang secara benar dan tepat.
2.      Belum adanya metode penghitungan pemesanan barang untuk menentukan bagaimana kebijakan pemesanan optimun terhadap suatu barang, seperti  yang lazim dipakai metode EOQ (Economic Order Quantity).
3.      Bagaimana cara pembuatan laporan transaksi yang dilihat sewaktu-waktu kita membutuhkannya.               
            Untuk mengatasi permasalahan yang diatas, maka penulis merasa perlu untuk memperbaiki sistem pengolahan datanya, terutama untuk pembuatan input persediaan barang dan input penjualannya. Dan penulis merasa dengan sistem yang baru ini persoalan-persoalan yang ada dapat diatasi. Keuntungan yang didapat dilihat terutama dalam hal kecepatan, ketepatan waktu, kapasitas penyimpanan data dan keamanan data.
Sesuai dengan analisa dan hasil evaluasi yang penulis jelaskan diatas, maka penulis mencoba untuk merancang suatu sistem persediaan barang di gudang serta pembuatan input stock barang dan input penjualannya serta menggunakan metode Eoq untuk pemesanan barang. Sedangkan untuk sistem yang lainnya, penulis rasa tidak perlu melakukan perubahan.
Aliran Sistem Informasi :



Download Here
Indowebster
4Shared

(*) BAB III ( Analisa dan hasil ASI,ERD,Context Diagram ) tidak dipublikasikan