14 Nov 2011

Tips aman menjaga website dari serangan hacker

Pertama sekali saya turut berduka cita atas ter-hack nya website teman saya beritagoogle.com pada ta... thumbnail 1 summary
Pertama sekali saya turut berduka cita atas ter-hack nya website teman saya beritagoogle.com pada tanggal 13 November 2011. Sayang sekali, karena website tersebut telah mendapatkan PageRank 1 dan alexa rank di bawah 1 jt ( seingat saya waktu dia memposting pagerank 1 di status facebook ) . Sekarang saya akan memberikan tips kepada kalian yang mempunyai website ( hosting dan domain ).



1. Pilihlah Server hosting yang handal, bukan murah-murahan. Karena memilih server yang handal memberikan pelayanan kecepatan,sekuritas dan user interface.
2. Selalu backup database dan data website anda. Di sini saya baru mengetahui jika server hosting tidak support recovery data/rollback data, saya rekomendasikan untuk backup database dan data website anda minimal 1 minggu sekali.
3. Pilih domain yang aman. Domain itu ibarat cover buku, jika tidak ada cover, buka tidak ada nilainya. Nah, jika domain anda tidak aman, misalkan domain ini penjualan dari pihak ketiga atau belum dipegang langsung oleh pemilik domain kemungkinan besar domain kita jadi hilang.
4. Jika anda memakai CMS seperti joomla,drupal,dll jangan lupa selalu cek forum tersebut, ikuti perkembangan terbaru mengenai bug CMS tersebut. Jika ada bug, patch website anda. Dan pilihlah extension yang aman,jangan sampai anda mendownload extension yang mempunyai backdoor . Jangan mendownload diluar website extenstions CMS tersebut.


Jadi jika website anda keburu dimainkan,dihapus,dll sama hacker, jangan salahkan hackernya namun salahkan diri anda sendiri karena tidak mempunyai 3 syarat penting di atas yang telah dijelaskan.